ALAMAT KAMI

Jl. Tanah Abang 3/18 - A
Telp : (021) 3503033, 3841919
Fax : (021) 3804652
Jakarta 10160

>> home >> hidung dan mata gatal

  • Asma/Pneumonia

    Dok, mau tanya... Apa sih perbedaan antara asma dengan pneumonia? apakah orang yg terkena pneumonia sudah pasti dia Asmatis. Gejalanya kan hampir mirip ya dok? Anak saya sejak usia 6 bulan sudah pernah dirawat di rs karena terkena pneumonia. Awalnya flu berkepanjangan disertai bunyi napas seperti orang 'ngorok' lalu sesak napas. Sampai sekarang saya masih rancu apakah dia juga bisa dikatakan mengidap asma karena sayanya sendiri pernah punya asma sampai usia 14 tahun baru sembuh. Tp sampai skrg pun kalau udara dingin atau berdebu masih suka bersin2 dan hidung mampet. Apakah alergi saya tsb menurun ke anak saya? untuk penyembuhan total harus gimana sih dok. Terimakih.

    (Anggraini A. Putri)


    Jawaban :
    Asma adalah peradangan dalam pipa saluran napas yang ditandai dengan pembengkakan mukosa pipa saluran napas, penyempitan pipa saluran napas, dan terbentuknya lendir berlebihan dalam pipa saluran napas. Asma disebabkan penyakit alergi. Penyakit alergi merupakan penyakit keturunan. Penderita asma akan merasakan sesak/sulit bernapas, bisa disertai bunyi mengi dan batuk. Dahak/lendir pada penyakit asma berwarna putih bening dengan konsistensi kental/encer. Pada asma tidak ada demam.

    Pneumonia adalah peradangan pada jaringan paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri/virus/jamur.Gejala pneumonia sesak napas, batuk, dan disertai demam. Dahak/lendir pada penyakit pneumonia berwarna kuning, hijau dan coklat/merah tua bila disertai darah. Pada proses penyembuhan pneumonia bisa saja meninggalkan bekas luka pada jaringan paru, sehingga pipa saluran napas menjadi lebih sensitif dan mudah meradang sehingga timbul asma.

    Penyakit flu berkepanjangan bisa menjadi faktor pencetus timbulnya asma pada penderita penyakit alergi. Penyakit alergi yang ibu derita bisa menurun pada anak dan cucu. Namun timbulnya penyakit alergi bisa berbeda antara orang tua dan anak. Misalnya orang tua menderita asma, maka anak atau cucu bisa saja menderita penyakit pilek alergi, eksim, biduran/kaligata, konjungtivitis alergi (radang selaput lendir mata).

    Prinsip pengobatan penyakit alergi adalah total kontrol, yaitu penderita tidak mengalami serangan yang rutin, tidak ada kunjungan ke instalasi gawat darurat atau rawat inap, tidak mengalami serangan yang berat atau mengancam jiwa. Untuk penyakit asma dan pilek alergi karena debu rumah, tungau debu, serpih kulit manusia, spora jamur, tepung sari rumput, tepung sari padi bisa diberikan imunisasi alergi (imunoterapi). Namun penderita harus menjalani tes alergi terlebih dahulu.

    Sekian jawaban kami.

  • separah apa asma yang di derita istri saya

    selama ini saya tahu bahwa istri saya sudah terkena asma,tapi setiap malam,istri saya sering kambuh asma nya,dan mengeluh paru paru sebelah kanan sakit,dan dia juga punya sinus juga dok,menurut dokter separah apa ya penyakit istri saya ini,dan bagai mana cara penanganan yang tepat? mohon di jawab dok..

    (dendi hasbi)


    Jawaban :
    Bila serangan asma istri anda setiap hari atau frekuensi serangan lebih dari 2 kali dalam seminggu maka asmanya temasuk parah. Untuk mengobati asma istri anda, maka pilek/sinusitis yang diderita juga harus diobati bersamaan. Karena organ hidung dan paru-paru merupakan satu saluran pernapasan yang sangat berkaitan erat. Jika pilek/sinusitisnya tidak diobati maka asmanya juga tidak akan sembuh. Istri anda harus menjalani pemeriksaan x'ray dada & cek darah untuk mengetahui apakah ada penyakit lain diparu-parunya, juga harus menjalani pemeriksaan tes alergi untuk mencari faktor penyebab alergi  dan tes fungsi paru(spirometri) untuk mengetahui seberapa parah asmanya.

    Untuk pengobatan lebih lanjut harus konsultasi ke dokter. Sekian jawaban kami.

  • Alergi atau asma

    Anak kami berumur 3 tahun 10 bulan, sejak bulan sepetember 2010 hingga sekarang batuk pileknya sembuh kambuh terus menerus, saya sdh berobat, stelah minum obat sembuh, tidak lama kambuh lagi, sudah dironsen dan tes darah, memang ada sedikit bercak diparu, tapi tes mantuk dan LED normal, tdk mejurus ke TBC, memang ada satu anggota kel kami yg terkena TBC, apakah penyakit batuk pilek anak kami menjurus ke alergi apa asma, kami memang dirujuk untuk datang ke klinik asma ini, terima kasih untuk perhatian para Dokter di klinik, dalam waktu dekat kami akan datang.

    (Kartika sari)


    Jawaban :
    Asma adalah salah satu penyakit alergi yang mengenai saluran pernapasan yang ditandai dengan keluhan batuk, sesak napas, bunyi mengi, banyak lendir di saluran pernapasan. Yang ditimbulkan karena adanya keradangan pipa saluran pernapasan, disebabkan oleh bahan/zat yang menimbulkan reaksi alergi (alergen). Pada asma ada 3 kelainan pada pipa saluran pernapasan yaitu pembengkakan dinding pipa saluran pernapasan, penyempitan lubang pipa saluran pernapasan, dan terbentuknya lendir dalam pipa saluran pernapasan yang berlebihan dan kental. Gambaran rontgen dada terlihat sedikit bercak di paru bisa karena penyakit batuk kronis, asma.

    Pilek sendiri bisa karena alergi dan bukan alergi. Pilek karena alergi dapat diketahui dari tidak ada demam, lendir bening seperi air bersih, hidung gatal sehingga bersin, bisa tersumbat, timbul segera setelah terpajan dengan suatu bahan/zat yang menimbulkan reaksi peradangan karena alergi (alergen).

    Penyakit pilek yang berlangsung lama > 3 bulan dapat menimbulkan penyakit sinusitis (keradangan rongga sinus), penyakit konjungtivitis (radang selaput lendir mata), timbul polip hidung, otitis media serosa (keradangan liang telinga bagian tengah), atau batuk kronis berulang dan menjadi asma. Demikianlah perjalanan penyakit pilek alergi yang mungkin bisa terjadi.

    Penyakit alergi bisa diketahui dengan pemeriksaan Ig E total dengan sampel darah. Namun untuk mengetahui alerginya terhadap alergen apa, harus menjalani tes alergi dengan metode skin prick test atau Ig E spesifik RAST. Kedua metode ini yang menjadi standar baku dalam bidang alergi di seluruh dunia. Selain metode ini masih .... ? LIHAT ARTIKEL TES DIAGNOSTIK TIDAK TERBUKTI

    Sekian jawaban kami. Kami menunggu dan siap membantu anda.

  • Selalu Pilek diwaktu udara dingin

    Dok, saya selalu tdk bisa bernafas atau pilek (hindung mampet) diwaktu udara dingin atau didlm ruangan yg ber-AC. tetapi jika udara panas suka sesak nafas, nafas seperti tertahan didada dan tidak bisa bernafas panjang. bagaimana cara menanganinya,Kalau selama ini sich saya apabila datang serangan sesak nafas selalu menggunakan Bricasma (terbutaline sulphate) 0.5 mg/dose, kira2 saya sudah menggunakan obat ini sejak tahun 1999 dari yg 0.25 mg/dose stl kira2 8th baru menggunakan yg 0.5 mg/dose. Apakah sudah tepat cara ini ? mohon sarannya Dok, terimakasih sebelumnya. Kira2 kl di Solo ada juga klinik Asma Alergi nggak ?

    (Evi Indriaty)


    Jawaban :
    Pertama kendalikan suhu AC dengan mengatur temperatur pada suhu 25 - 26 derajat celsius. Aliran angin AC jangan langsung mengenai tubuh anda. Jagalah kebersihan lingkungan, lantai tidak boleh pakai karpet. Bila penggunaan obat semprot dalam seminggu > 2 kali selama bertahun-tahun, maka pengobatan anda tidak tepat. Kita harus mencari faktor penyebab dan pencetusnya, apakah alergi atau bukan. Kita  harus mencari penyakit yang menimbulkan sesak napas. Sesak napas bisa disebabkan karena penyakit pilek & sinusitis, asma, penyakit jantung, penyakit lambung, psikologis dll. kami tidak punya cabang di kota SOLO. Sebaiknya anda memeriksakan diri dulu ke dokter umum atau Dr spesialis THT atau Dr spesialis Paru. Untuk tes alergi dan pengobatan lebih lanjut anda bisa datang ke klinik-klinik kami yang ada di website.

  • asma anak

    anak saya perempuan 10thn 10bln 135cm 34kg, asma. muncul ketika pilek batuk, di ruangan lembab atau di ruangan pengap. penanganan darurat memakai ventolin. saat pilek batuk apakah harus 'di uap' ? apakah ada batas aman menggunakan ventolin? saat bagaimana cukup bahaya sehingga harus segera di bawa ke UGD rumah sakit?

    (anastasia)


    Jawaban :
    Penyakit flu (batuk pilek) adalah pencetus asma yang sering terjadi. Oleh karena itu bila penderita asma sering flu (frekuensi flu dalam 1 tahun lebih dari 3 kali) sebaiknya di imunisasi flu setahun sekali. Perbaiki ventilasi ruangan/kamar tidur, harus cukup jendela untuk pertukaran udara dan masuk sinar matahari di pagi hari. Gunakan AC dengan suhu 25-27 derajat celsius.

    Saat Flu, penderita tidak perlu diuap/nebulizer, cukup diberikan obat pilek/flu yang dijual bebas, istirahat, minum vitamin (B kompleks, C, Echinacea), banyak minum air putih (2 - 3 liter/hari), hindari makanan yang digoreng dan pedas, serta minuman dingin. Bila dalam 2 hari tidak mengalami perbaikan, segera berobat ke dokter.

    Pemakaian ventolin nebulizer dalam 1 hari sebanyak 5 kali dengan jarak waktu pemberian berikutnya 2 jam, diberikan jika sesak napas.

    Keadaan sesak napas berbahaya, yang harus segera dibawa ke unit gawat darurat RS terdekat adalah :

    1. Pernapasan cuping hidung.

    2. Tulang Iga tertarik keatas, dan ada cekungan  di uluhati saat menarik napas.

    3. Bunyi mengi waktu bernapas yang jelas terdengar dengan telinga tanpa bantuan alat stetoskop, pada jarak 1 meter dari penderita.

    4. Penderita hanya dapat bicara kata demi kata secara terputus-putus.

    5. Bibir mulut, jari-jari tangan atau kaki terlihat berwarna kebiruan.

    6. Kesadaran menurun.

    Bila ditemukan 2 tanda saja dari 6 tanda tersebut diatas, maka sebaiknya penderita secepat mungkin dibawa ke klinik/RS terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Dalam keadaan ini waktu adalah sangat berharga, karena jika terlambat dapat berakibat kematian.

     

    Sekian jawaban dari dokter.

  • mata gatal

    saya mau tanya dokter,saya sering mengalami gatal pada mata dan berlanjut gatal pada bagian tubuh saya,untuk menagatasinya saya minum obat insidal ,tapi setiap 3 hari gatal itu kabuh lagi dan saya minum obat insidal lagi ,itu selalu saya lakukan,dan sudah sya alami selama hampir 10 bulan,apakah saya alergi terhadap sesuatu?tpi kenapa gatal itu datang tiap 3-4 hari ekali.terimakasih atas jawabanya

    (joenet)


    Jawaban :

    Mata gatal karena penyakit alergi selain keluhan gatal & mata merah, kita harus tahu bagaimana dengan cairan mata yang keluar apakah encer atau kental, bagaimana dengan warna kotoran matanya ? Biasanya pada penyakit mata karena alergi,  cairan mata encer bening dan kotoran mata berwarna putih. Timbul gatal tiap 3-4 hari karena efek obat insidal yang anda minum, punya masa paruh zat aktif didalam tubuh selama 4 - 6 hari, Selain itu gatal juga dipengaruhi oleh banyak & lama terkena bahan alergen di lingkungan sekitar anda, juga jenis dan kekuatan bahan alergen tersebut menimbulkan reaksi alergi.

  • asma pada anak

    anak saya berumur 7 tahun. Dikeyahui asma sejak bayi, namun beranjak besar batuk dan sesak krn asma sering timbul hamoir 2 minggu sekali. pencetusnya adalah minum es. mengapa semakin besar asma itu semakin sering timbul? bukankah semakin besar kekebalan tubuh semakin baik? terima kasih

    (khairunnisa)


    Jawaban :
    Asma adalah penyakit keradangan kronis pada pipa saluran pernapasan yang sebagian besar disebabkan oleh alergi. Penyakit alergi merupakan penyakit keturunan atau genetik. Asma bisa timbul karena bahan/zat yang mencetus alergi disebut alergen, selain itu asma juga bisa dicetuskan oleh polusi udara, perubahan suhu udara yang ekstrim, kelelahan fisik, stress/emosi, infeksi saluran pernapasan. Kekebalan tubuh bukanlah satu-satunya faktor penentu kesembuhan asma atau asma kontrol.

  • hidung dan mata gatal

    Anak saya, 5 th, sering mengalami gatal hidung dan matanya. Kdg2 saking gatalnya, hidungnya sampai lecet dan matanya sampai bengkak karena digosok terus. Dia juga mempunyai asma. Saat ini rutin berobat ke dr. spesialis paru2 untuk mengontrol asmanya agar tidak kumat. Apakah asma dan gatal tsb slg berhubungan. Dptkah disembuhkan? Apa yg hrs sy lakukan?

    (priska)


    Jawaban :

    Asma, hidung gatal dan mata gatal saling berkaitan. Untuk mencapai suatu keadaan terkontrol. maka harus dicari dulu sumber permasalahannya yaitu alergi terhadap apa. Jadi si anak harus menjalani tes alergi terlebih dahulu. Bila alergi terhadap debu rumah, tungau debu rumah, serpih kulit manusia, spora jamur, tepung sari rumput, tepung sari padi, maka anak dapat menjalani pengobatan vaksinasi alergi (imunoterapi), supaya kebal terhadap alergi tersebut sehingga penyakit asma, hidung gatal dan mata gatal dapat hilang. Jika alerginya diluar tersebut diatas, maka pengobatan adalah menghindari bahan/zat yang dapat mencetus alergi.